MAAF BLOG SEDANG DALAM PERBAIKAN...

Sunday, December 26, 2010

Dapat Remunerasi, Kinerja Polri Harus Diawasi

Misbahol Munir - Okezone

Polisi Siaga (Foto: Koran SINDO)
JAKARTA - Kebijakan pemberian remunerasi bagi anggota TNI dan Polri dinilai sudah sesuai. Menurut pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar, pemberian insentif bagi anggota kepolisian sangat perlu supaya mereka lebih konsentrasi bekerja.

“Saya pikir sudah sesuai, pemberian insentif lebih perlu supaya mereka lebih konsentrasi, lebih serius, lebih bersih, dan tidak memikirkan kebutuhan lain,” ujar Bambang kepada okezone, Jumat (17/12/2010) malam.


Meski demikian, remunerasi saja untuk menjaga profesionalitas kepolisian tidak cukup. “Namun renumerasi gaji tanpa ada pengawasan tidak cukup. Saat ini pengawasan cukup lemah,” kata dia.


Sehingga perlu pengawasan yang lebih kuat untuk membangun lembaga kepolisian lebih bersih. “Maka perlu pengawasan yang lebih kuat. Pengawasan internal dan eksternal harus diperkuat. Remunerasi gaji tidak cukup, karena pengawasan internal juga cukup lemah. Beberapa kasus korupsi yang melibatkan internal polisi ketika disidik oleh internal selalu bersifat subjektif dan tak pernah selesai,” ungkapnya.


Menurut Bambang, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) saat ini perannya cukup lemah karena tidak diberi wewenang menyidik. “Kompolnas sebagai lembaga pengawas eksternal harus difungsikan sebagai pengawas yang juga diberi wewenang untuk menyidik,” imbuhnya.


Bahkan bagi Bambang Kompolnas harus dibentuk hingga daerah supaya pengawasan bisa merata. “Kompolnas harus dibentuk hingga daerah-daerah jangan hanya dipusat. Sehingga kepolisian lebih baik,” tandasnya.
 
 
 
 

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review