MAAF BLOG SEDANG DALAM PERBAIKAN...

Tuesday, February 1, 2011

Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 7

Menginstall operating system atau  os biasanya menggunakan CD atau DVD. Nah kalo di Netbook yang ga ada cd rom nya gimana? Pasti ada alternatif lain donk, iya lah masa ya iya dounk. Ada berapa alternatif gan untuk install os di PC yang ga ada cd roomnya atau di Netbook. Yang pertama bisa pake CD / DVD eksternal, kalo ga punya? Kalo ga punya, alternatif lain bisa pake flashdisk. Tapi inget gan, kalo kita menggunakan flashdisk untuk install os pastinya ga bisa hanya dengan copy paste file CD / DVD os ke flashdisk.

Flashdisk harus dibuat sebagai bootable USB Flashdisk dulu gan. Bagi agan yang punya Netbook tentunya harus sedia bootable USB Flasdisk, dengan maksud jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk install ulang os. Cara ngebuat bootable USB Flashdisk bisa dengan menggunakan software. Diantaranya  dengan Windows 7 USB DVD Tools atau A Bootable USB, yang bisa di download dengan mengklik nama-nama software tersebut. Langsung ke cara ngebuatnya aja ya gan.

Pertama sediain flashdisk dengan ukuran diatas 2Gb. Karena file DVD Windows 7 rata2 besar gan. Seperti Windows 7 Ultimate yang sampe 2,3Gb. Kemudian buat file iso Windows 7 dari DVD Windows 7 dengan Magic ISO Maker yang dapat agan download disini.
Buat file iso nya dengan menjalankan software Magic ISO Maker tadi. Caranya buka menu tools pada program Magic ISO Maker, nah pada menu tools tersebut terdapat perintah make ISO from CD/DVD.

Kalo file iso udah jadi colokkan flashdisk, jalankan Windows 7 USB DVD Tools kemudian cari file iso windows yang tadi dibuat dengan mengklik tombol browse lalu klik next.












Kemudian pilih USB Device.












Pilih Lokasi USB dan klik Begin Copying.












Tunggu hasilnya sampai selesai.












Cara lain adalah dengan menggunakan A Bootable USB. Caranya hampir sama, colok flashdisk, jalankan A Bootable USB, klik Check USB Drive, pilih frmat USB Drive, pilih file iso win 7, klik start the proccess.

Untuk install windows 7 dengan menggunakan flashdisk, pastikan pengaturan bios/cmos booting pada posisi USB Drive flashdisk.



Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review