MAAF BLOG SEDANG DALAM PERBAIKAN...

Monday, February 21, 2011

Obyek Wisata Baturraden

Baturraden adalah sebuah tujuan wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Baturraden karena letaknya di lereng gunung menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari. Baturraden juga merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama pada hari minggu dan hari libur nasional. Kondisi tersebut menyebabkan banyak hotel dan vila didirikan di sini.

Baturraden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 20 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum wisatawan dapat naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di terminal lokawisata Baturraden. Jika ingin lebih praktis wisatawan dapat menggunakan taksi. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya hati-hati karena jalan yang menanjak dengan kemiringan sekitar 30 derajat.

Baturraden adalah keindahan yang memancar dari lereng Gunung Slamet. Tak hanya menyimpan panorama alam yang molek, tetapi juga cerita rakyat tentang Raden Kamandaka, atau Lutung Kasarung yang cukup akrab di masyarakat Indonesia.

Selain akses yang mudah, area wisata ini juga menyediakan hotel dan aneka penginapan yang memadai. Di samping itu, bagi pecinta alam terbuka disediakan camping ground yang nyaman dan aman. Dan tanpa perlu khawatir akan kesulitan memperoleh makanan, karena di area ini cukup banyak pedagang yang menjajakan sate kelinci. Gunung Slamet dengan lereng-lerengnya yang landai, menawarkan panorama alam yang indah, dan udara yang segar.

Pada objek wisata tersebut terdapat beberapa wahana. Diantaranya:

1. Wahana air terjun yang dapat kita temui begitu kita masuk ke area lokawisata tersebut. Air yang mengalir pada air terjun tersebut sangat bening, meskipun belakangan agak mendangkal dan banyak sampah bekas bungkus makanan dibuanng pada aliran air terjun tersebut.

2. Wahana sumber air panas. Pada lokawisata ini terdapat 2 sumber air panas. Pancuran Tiga yang dapat kita temui tidak jauh dari area air tejun. Kemudian ada Pancuran Tujuh yang dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan dari arah luar lokawisata atau dapat ditempuh dengan berjalan kaki menelusuri hutan damar dari dalam lokawisata. Pada kedua sumber air panas tersebut kita dapat sekaligus mengobati beberpa penyakit, seperti pegal-pegal, gangguan kulit dan lain-lain. Karena pada lokasi sumber air panas tersebut terdapat petugas yang dapat anda gunakan jasanya dengan bayaran yaang sangat terjangkau.

3. Wahana Hutan. Pada lokawisata ini terdapat hutan damar yang sangat sejuk. ini dapat ditemui saat kita akan menuju lokasi Pancuran Tujuh, atau sekedar melihat-lihat hutan Damar yang ada.

4. Wahana Kebun Binatang. Pada lokawisata ini juga terdapat kebun binatang. Meskipun belakangan ini koleksi binatangnya semakin berkurang dan tampak tidak terurus. Akan tetapi berjalan disekitar kebun binatang terasa nyaman. Karena udaranya yang sejuk dan pengunjung pada tempat inipun tidak terlalu ramai.

5. Wahana Budaya. Pada saat kita memasuki area lokawisata, terasa suasana budaya Banyumas sangat melekat. Dan di dalam lokawisata, samping air tejun terdapat panggung besar yang digunakan untuk menyajikan kesenian daerah Banyumasan pada hari-hari tertentu.

6. Wahana Permainan Anak. Pada lokawisata ini ada tempat permainan anak-anak,. Seperti, mobil-mobilan, permainan air dan lain sebagainya.

Retribusi Lokawisata Baturraden
a. Tiket masuk hari biasa Rp. 3.000,-
b. Tiket masuk hari libur/besar (Public Holiday) Rp. 5.000,-
c. Kolam Renang & Kolam Luncur Rp. 1.500,-
d. Sepeda Air Baturraden Rp. 1.500,-
e. Kebon Binatang Kaloka Widya Mandala Rp. 3.000,-
f. Komedi Putar & Kereta Mini Baturraden Rp. 2.000,-
g. Curug Gede Rp. 1.000,-

Inilah sedikit screen shot keindahan Baturraden.

Tertarik untuk mengunjungi??? Silakan...Moga bermanfaat infonya.


Artikel Terkait Lainnya Seputar:



2 comments:

Satria said...

ajib..mantep bro..sejuk bgt keknya..

Araya said...

Siippp....jangan lupa mampir bro

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review