MAAF BLOG SEDANG DALAM PERBAIKAN...

Sunday, May 8, 2011

Membuat Flashdisk Bootable Windows XP ( Flashdisk Installer )

Alternatif lain untuk menginstall ulang atau merepair windows pada pc atau netbook yang ga ada CD Rom nya adalah dengan USB Flashdisk. Tapi pastinya ga bisa begitu aja file master windows di copy paste begitu aja ke flahdisk untuk bisa flashdisk jadi bootable pada saat booting. Langsung aja menuju ke caranya buat flashdisk bootable / installer ya. Berikut langkah2nya :

1. Download dan Install WinSetupFromUSB disini. File dalam bentuk rar ( 4,2MB ).
2. Buat Folder khusus tempat penyimpanan file instalasi windows, misal di C:\ atau di D:\, buat folder dengan nama WinXPHome. Copy semua file yang ada di CD Installer anda.
3. Tancapkan USB anda, jalankan WinSetupFromUSB yang tadi sudah di download dan di install.
4. Pilih Folder Source, klik tombol browse di baris Windows 2000/XP/2003 dan cari file kopian installer yang tadi kita buat. Misal tadi kita buat di drive D:\WinXPHome. Kalo dah ketemu klik OK.
5. Format flasdisk USB dengan menggunakan WinSetupFromUSB, karena didalamnya sudah ada program pemformat flashdisk yang terintegrasi. Untuk Flashdisk USB dengan kapasitas 2GB format dalam bentuk FAT16, dan untuk kapasitas 4GB keatas format dengan FAT32. Klik RMPrepUSB dalam menu utama WinSetupFromUSB. Anda akan menemukan flashdisk anda dibawah kolom drive. Centang Boot As HDD dan XP Bootable ( NTLDR ). Hilangkan cheklist pada Checkboks Choose Folder dibagian bawah kiri. Lanjut klik Prepare Drive untuk memformat. Seperti gambar dibawah nih.
6. Kalo muncul keterangan dari RMPrepUSB klik OK aja. Flashdisk akan segera di format. Setelah sukses exit deh.
7. Nah sekarang tinggal copy semua file dalam folder master Windows XP. Untuk memulai klik tombol go dalam jendela utama program WinSetupFromUSB. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Yang sabar nunggunya ya.
8. Yang terakhir jika muncul License Agreement silakan klik Agree. Dan jika gambar seperti dibawah ini muncul itu berarti tandanya proses udah selesai, klik OK dan tutup program WinSetupFromUSB.
Oke deh....Mr Atik yang baik hati selamat mencoba ya. Moga sukses...




Artikel Terkait Lainnya Seputar:



1 comments:

sjahril said...

Thanks u gan..infonya,..kebetulan mo install windows via flashdisk,..

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review