MAAF BLOG SEDANG DALAM PERBAIKAN...

Sunday, January 9, 2011

Anda Ingin Langsing? Ikuti Tips Kesehatan Ala India Ini

by: Joe Vingkar
Sebuah sistem kesehatan dan penyembuhan tradisional India yang benama Ayurveda ternyata sudah dipraktikkan banyak orang sejak ribuan tahun lalu. seorang pakar yoga dari Mangrove Mountain, New South Wales bernama Dr. Swami Shankardev Saraswati mengatakan bahwa dalam Ayurveda terdapat sistem pengobatan yang memahami, bahwa tubuh tiap orang itu unik dan butuh perlakuan khusus.


Sistem Ayurveda mengkategorikan kekuatan utama di dalam tubuh menjadi tiga jenis atau dosha: yaitu Kapha (air), Vata (udara) dan Pitta (api). Pengetahuan akan dosha ini merupakan tahap terpenting dalam upaya membantu Anda memilih makanan yang terbaik sesuai terapi yang Anda jalankan.


1. Kapha
Kapha atau air bisa melambangkan bentuk tubuh gemuk, cepatnya berat badan naik, wajah yang bulat, kulit cendrung pucat, rambut tebal, berminyak, mengilat, bergelombang, dan suka tidur terlalu lama.

a. Pola Diet dan Terapi Self Healing:
Perbanyaklah mengkonsumsi stroberi, apel, pir, ceri atau buah-buahan yang dikeringkan seperti aprikot, prem dan pir. Salad dan aneka sayuran jangan ketinggalan, termasuk sayur-sayuran pahit dan beraroma tajam seperti lobak, bawang, wortel, dedaunan hijau. Juga padi-padian yang mengandung zat besi tinggi seperti jagung, oat dan gandum. Selain itu ikan dan daging putih juga penting. Kacang-kacangan seperti buncis yang dikeringkan, kacang polong dan produk-produk dari kedelai lainnya dalam.

Kurangi buah-buahan terlalu masam dan terlalu manis, makanan dan minuman dingin, produk-produk susu, akar-akaran. Juga makanan berat dan kaya lemak, gula, minyak, mentega, pemanis buatan dan garam.

b. Kunci Sukses Diet:
Untuk menu makan siang boleh makanan berat, namun khusus untuk sarapan dan makan malam, pilih yang lebih ringan.

c. Tips Gaya Hidup:
Ceritanya Kappa cenderung kaku sehingga menyimpan terlalu banyak energi. Untuk itu sering-seringlah bergerak sehingga energi yang ada di tubuh Anda tidak menumpuk menjadi lemak.

2. Pitta
Pitta atau api bisa melambangkan bentuk tubuh yang sedang atau tubuh yang mudah gemuk, wajah sedikit berbentuk hati, kulit cendrung berminyak dan agak berwarna semu merah. Selera makan cendrung tinggi namun dengan pola tidur yang baik. Rambut mudah diatur, lembut, agak lurus dan berminyak. 


a. Pola Diet dan Terapi Self Healing:
Konsumsilah buah-buahan segar yang masih berbuah mentah dan manis, termasuk beri, ceri, plum. Juga sayur-sayuran hijau, baik sayur-sayuran yang pahit maupun yang manis (seperti asparagus, brokoli, kacang polong, seledri, dan mentimun). Juga konsumsi padi-padian segar, beras putih, kue beras, gandum, , gula, white meat, roti, pasta, sirup maple, produk-produk susu, putih telur, serta rempah-rempah seperti ketumbar, jintan, pala, dan mint.

Jangan mengkonsumsi alkohol dan rokok.


b. Kunci Sukses Diet:
Jadwal jam makan harus teratur tiga kali sehari dengan nutrisi lengkap, lemak, karbohidrat, protein dan vitamin.


c. Tips Gaya Hidup:
Hindari kulit terbakar matahari terlalu lama. Sering-seringlah melakukan aktivitas yang dapat membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Peliharalah ketenangan tersebut dengan cara berendam dalam air hangat misalnya atau juga berenang. 


3. Vata
Vata atau udara ceritanya melambangkan wajah lonjong, berat badan sulit naik, bentuk badan kurus, mata kecil, kulit kering. Selain itu rambut kering, keriting, dan kasar. Sedangkan pola tidur yang tidak menentu, mengakibatkan sulit tidur dengan nyenyak.


a. Pola Diet dan Terapi Self Healing:
Perbanyak makanan kaya protein dan mineral, seperti kacang merah, kacang tanah, kedelai, susu kedelai, pisang, alpukat, plum, aprikot, white meat (ikan, ayam). Selain itu daging kambing dan daging sapi. Juga sayuran yang direbus tidak terlalu lama, tahu dan telur setengah matang, 


b. Kunci Sukses Diet:
Makanlah dengan porsi yang lebih sedikti namun lebih sering setiap harinya. Cobalah makan di tempat yang bersuasana tenang sehingga Anda bisa relaks.


c. Tips Gaya Hidup:
Vata konon cenderung membuang terlalu banyak energi sehingga Anda harus menghilangkan kebiasaan itu dengan melakukan kegiatan yang rutin. Usahakan untuk memastikan waktu Anda untuk santai. Jangan lupa perkaya tubuh Anda dengan makan makanan bergizi tinggi.


Joe Vingkar adalah seorang pelatih fitness yang mengajar sebagai pelatih fitness di beberapa tempat di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Suka menulis berbagai artikel yang berhubungan dengan diet dan kesehatan. Silahkan kunjungi website: www.ayurveda-herbal-remedy.com




Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review