MAAF BLOG SEDANG DALAM PERBAIKAN...

Sunday, January 9, 2011

Polisi Pelacak DNA Penjahat Itu Ternyata Robot

by: Mimin Mutmainnah
Ini pertama kalinya di dunia, sebuah robot pendeteksi DNA pelaku kejahatan dibuat. Terdiri atas dua mesin robot yang dapat memproses 640 sampel darah per 10 jam secara terus-menerus. Pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh 40 orang.

Robot ini ditugaskan di Birmingham, Inggris untuk membantu badan Forensic Science Service di sana. Mereka bertugas menyimpan sampel darah dan data DNA orang yang tercatat melakukan kejahatan, yang kemudian dibandingkan dengan sampel darah dan DNA yang diambil dari tempat kejadian perkara. Sampel DNA saliva (cairan dalam mulut) diambil dari mulut tersangka untuk dilihat di bawah lensa mikroskop.

Robot pertama mengestrak sampel DNA dari slide (lempeng kaca) kaca mikroskop dan memisahkannya dari cairan sekitarnya supaya tidak tercemar. DNA ditaruh di atas piring plastik yang menyimpan 96 sampel DNA dan kemudian dikopi 10 miliar kali untuk meningkatkan sensitivitas sampel itu. Robot kedua menambahkan DNA buatan sebagai "kontrol" di bawah sampel DNA yang  akan diidentifikasi, sehingga sang pakar bisa mengukur panjang untaian DNA yang mirip sebuah tangga untuk diidentifikasi.

Sistem robot polisi si pelacak DNA ini, menurut Profesor Andi Hopwood, manager otomatisasi DNA pada Forensic Science Service, akan sangat sangat membantu analisis DNA yang dilakukan pihak kepolisian.

Sebelum sistem itu diluncurkan secara resmi, robot ini masih diuji di Birmingham. Dengan cermat dan bersemangat para ahli di sana berupaya meniadakan beberapa persoalan kecil pada robot itu. ***

Mimin Mutmainnah seorang fotografer freelance yang menimba ilmu di salah satu Collage di Singapura. Kini di Indonesia membuka studio fotografi yang banyak didatangi berbagai media dan even. Silahkan kunjungi website: www.scuoladifotografia.com



Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review